Misalkan judul makalahnya : Menganalisis Soal Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Dengan Mengevaluasi Siswa Menyelesaikan Soal.
Nah, Abstraknya adalah :
ABSTRAK
Tujuan
makalah ini adalah untuk menganalisis soal tes kemampuan berpikir kreatif
matematis materi program linear dan mengevaluasi siswa dalam menyelesaikan soal
tersebut. Kelas yang dievaluasi adalah kelas XII IPA 3 MAN 3 Palembang. Jumlah
siswa dikelas tersebut adalah 35 siswa. Evaluasi dilakukan dengan memberikan
soal sebanyak 5 berupa soal uraian dengan waktu 120 menit. Adapun aspek yang
harus dinilai pada soal tes tersebut ialah kelancaran, keluwesan, keterincian,
dan keterbaruan. Hasil evaluasi pada soal tes kemampuan berpikir kreatif
matematis ini sesuai dengan kualitas alat evaluasi yang baik diantaranya ada
validitas, reliabilitas, daya pembeda, dan tingkat kesukaran soal. Untuk
validitas, semua soal yang kami evaluasikan pada siswa adalah valid. Karena
sesuai dengan perhitungan menggunakan rumus korelasi produk-moment. Sedangkan
untuk reliabilitas pada soal merupakan reliabilitas sangat tinggi dengan
menggunakan perhitungan dari rumus yang sudah ditentukan. Untuk daya pembeda
ditiap soal memiliki daya pembeda yang bervariasi, mulai dari yang baik, cukup,
sampai jelek. Terakhir untuk tingkat kesukaran, soal yang dikerjakan siswa
merupakan soal yang mudah dan soal yang sedang. Dan terbukti bahwa soal cerita
lebih sulit diselesaikan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar